Wednesday, June 21, 2017

Pemodelan Grafis Untuk Game




Game merupakan  kata dalam bahasa inggris yang berarti permainan. permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. dalam penggunaannya kata game sering digunakan untuk menyebutkan pada video game.

Animasi

 
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.


Virtual Reality


Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.


Hubungan game, animasi, dan virtual reality

Hubungannya jadi game merupakan sebuah permainan yang mana di dalam nya kita bermain untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dan animasi itu dibutuhkan dalam membuat game karena game itu sendiri merupakan perkembangan dari animasi. dan untuk virtual reality itu berfungsi untuk pelengkap bagi gamers, mengapa pelengkap? karena bagi gamers main di depan komputer saja masih kurang, jadi di buat nya virtual reality berfungsi untuk merealisasikan apa yang kita mainkan dari bentuk virtual(tidak nampak) menjadi nampak seperti aslinya.

Pembuatan desain grafis pada game
Dalam pembuatan desain grafis dalam pembentukan sebuah game kita membutuhkan aplikasi yang gratis yaitu salah satunya adalah BLENDER, aplikasi ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D. Pertama kita membuat modelnya dulu, misalnya ingin membuat karakter lalu setelah itu dianimasikan dan diprogram.

Pembuatan karakter pada blender


Pertama kita menggunakan aplikasi Blender, lalu add objectnya, jika ada draft karakternya add background image lalu pilih gambarnya, setelah itu tinggal buat sesuai draftnya. Selanjutnya tambahkan bonenya untuk menggerakan karakternya nanti saat dianimasikan.


 Pembuatan lingkungan pada sebuah game


Untuk pembuatan lingkungan caranya kurang lebih sama saja seperti membuat karakter, misal kita ingin membuat lingkungan perkotaan, tinggal tambahkan objek kubus lalu buat seperti gedung.

Menggabungkan karakter dengan environment dan animasinya menjadi sebuah game 3d/4d

Setelah kita membuat karakter dan lingkunganya, saatnya memberikan kodingan pada karakter maupun pada lingkunganya untuk membuat gamenya, jika itu animasi pasif yang tidak digerakan oleh inputan keyboard maka tidak perlu diberikan kodingan.


No comments:

Post a Comment