Monday, April 23, 2018

Logic Bomb dan Virus Macro


Apa Itu Logic Bomb?
Logic Bomb merupakan salah satu program jahat yang ditempelkan pada computer agar memeriksa suatu kumpulan kondisi di system. Ketika kondisi-kondisi yang dimaksud ditemui, logic mengeksekusi suatu fungsi yang menghasilkan aksi-aksi tak diotorisasi.
Cara Kerja Logic bomb
Logic bomb menempel pada suatu program resmi yang diset meledak ketika kondisi-kondisi tertentu dipenuhi. Contoh kondisi-kondisi untuk memicu logic bomb adalah ada atau tidak adanya file tertentu, hari tertentu dari minggu atau tanggal, atau pemakai menjalankan aplikasi tertentu. Begitu terpicu, bomb mengubah atau menghapus data atau seluruh file, menyebabkan mesin berhenti, atau mengerjakan perusakan lain.
Jenis-Jenis Logic Bomb
1.        Software Bomb
Bomb akan meledak apabila terpicu oleh suatu software yang ada dalam komputer korban.
2.       Logical / Condition Bomb
Bomb yang akan meledak apabila telah memenuhi kondisi tertentu.
3.        Time Bomb
Data-data dikomputer korban akan rusak pada waktu yang telah ditentukan.

Cara Mengatasi Logic Bomb
       Jangan men-download software bajakan.
       Hati-Hati dalam menginstal aplikasi shareware/freeware, pastikan anda mendapatkan aplikasi dari sumber yang terpercaya.
       Berhati-hatilah saat membuka lampiran email, lampiran email mungkin berisi malware seperti Logic Bomb.  
       Jangan klik link web yang mencurigakan, mengklik link yang tidak aman dapat mengarahkan anda ke situs web yang terinfeksi oleh Logic Bomb.
       Selalu memperbaharui perangkat lunak antivirus anda.
       Instal patch system operasi terbaru, tidak menjaga dan update system operasi akan membuat PC anda rentan terhadap ancaman malware terbaru.
       Terapkan patch untuk perangkat lunak lain yang diinstal pada computer anda, pastikan bahwa anda memiliki patch terbaru diinstal pada semua aplikasi perangkat lunak anda, seperti Microsoft Office softare, produk Adobe, dan Java
Apa itu Virus macro?
Macro sebenarnya Microsoft Words dan Excel. Aplikasi ini bekerja secara otomatis untuk repeat order. Pada saat Macro diketik, Macro memberi perintah kepada beberapa tombol, tombol toolbar, atau menu untuk mengaktifkan program tertentu seperti Visual Basic.
Virus Macro adalah jenis virus yang menggunakan kemampuan Macro untuk mengulang dan menyebarkan pesanan khusus. Ketika pengguna komputer untuk menerima dan membuka file yang ada Virus Macro atau menggunakan tombol tertentu, virus secara otomatis akan bergerak berdasarkan perintah yang diberikan.
Dampak ViRUS MAKRO
       Macro memberi perintah kepada beberapa tombol toolbar, atau menu untuk mengaktifkan program tertentu.
       Macro juga dapat berfungsi untuk mengulang perintah seperti menghapus, mengubah nama, dan sebagainya.
       Macro virus tidak hanya memiliki kemampuan untuk menggandakan dan menyebarkan dirinya, tetapi juga dapat menghapus dokumen, Kata-kata mengubah pengaturan, reset password, menggandakan virus DOS, dan bahkan menyelipkan perintah berbahaya di CONFIG.SYS atau AUTOEXEC.BAT. Virus makro mampu menginfeksi semua program yang memuat aplikasi macro.
Cara Mengatasi Virus Macro
Jika Anda menemukan ada file dokumen yang terinfeksi virus macro, sedangkan Anda tidak mempunyai program antivirusnya, cobalah tip berikut ini:
Misalkan file dokumen yang terinfeksi itu namanya BUKU.DOC
1. Ganti nama file BUKU.DOC menjadi BUKU.TXT
2. Buat file baru di MS Word, insert file BUKU.TXT
3. SaveAs dengan nama lain, misalnya BUKUK.DOC



No comments:

Post a Comment