Sunday, March 26, 2017

Teknik Membuat Animasi


Pada artikel sebelumnya kita telah membahas macam-macam software untuk membuat animasi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang teknik membuat animasi. Berbagai macam teknik membuat animasi cel, frame, sprite, spline, path, karakter dan masih banyak lagi. Tetapi saya akan membahas beberapa saja tentang teknik pembuatan animasi. Teknik terpopuler yang sering digunakan orang dalam membuat animasi, yaitu animasi cel, animasi frame by frame dan animasi karakter. Kita simak sebagai berikut.

Animasi cel

Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi ini adalah kartun kartun jaman dulu yang sering kita tonton. Yang sekarang sudah diblokir oleh beberapa stasiun tv nasional seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan dll

Tom and Jerry sebenarnya sebuah gambar diam yang disusul dengan cel cel. Cel pertama tom



Cel kedua jerry




Cel ketiga adalah latarnya



Cel tersebut bergerak secara bersamaan sehingga membuat gambar terlihat hidup. Begitulah teknik pada animasi cel

Animasi frame by frame

Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.

 
Contoh animasi ini seperti gambar diatas frame by frame, setiap frame mempunyai sedikit perbedaan kemdian disusun menjadi satu kesatuan yang membuat gambar tersebut seolah-olah bergerak.

Animasi karakter

Inilah teknik animasi zaman sekarang berbasis 3 dimensi atau yang biasa disebut dengan animasi 3D. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan lain sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah.


Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut. Seperti animasi di film monster inc, kerenkan? Sungguh kemajuan teknologi dalam bidang animasi.


Contoh lain animasi dengan teknik ini adalah Film yang berjudul Finding Nemo, Toy Story, Garfield, Madagascar dll.


Sumber:

No comments:

Post a Comment