Saturday, November 12, 2016

Water Resistant Smartphone

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
Water Resistant Smartphone

Naufal Rally Ramadhan
17114862
3KA13
Universitas Gunadarma
2016/2017
Pesatnya kemajuan teknologi bermanfaat banyak khususnya kita sebagai manusia yang menggunakan teknologi tersebut. Banyak hal positif yang kita dapat jika kita paham dan mengerti bagaimana cara agar kita dapan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentingan kita. Dari banyak kemajuan teknologi saya mengambil satu contoh tentang kemajuan teknologi yang kita rasakan sekarang.
Seringkali kita sebagai pengguna melakukan hal ceroboh ataupun ketidak sengajaan yang berakibat fatal bagi gadget kesayangan kita, seperti menjatuhkannya ke lantai, air ataupun tidak sengaja tertimpa kita saat sedang duduk ataupun tertidur. Saya akan membahas secara spesifik salah satu kemajuan tersebut di artikel saya kali ini. Smartphone Water Resistant atau biasa juga disebut Smartphone Waterproof adalah Smartphone yang memang di design untuk tahan jika terkena air, tidaklah asing bagi telinga kita belakangan ini, walaupun tidak semua smartphone di design tahan air, namun beberapa jenis smartphone di design seperti itu untuk memenuhi kebutuhan manusia yang seringkali berdekatan dengan air. Kehadiran smartphone tahan air ini banyak membantu manusia dalam banyak bidang karena kegunaannya yang dapat bertahan di dalam air, seperti para peneliti di laut ataupun perenang, maupun bagi kalangan umum saja. Kemudahan yang ditawarkan ini mendapat respon yang sangat positif. Dengan adanya teknologi ini, kita dengan bebas dapat memfoto pemandangan bawah laut, berselfie ria saat sedang bersama teman tanpa harus khawatir gadget kesayangan kita rusak. Hadirnya teknologi ini juga, membantu meminimalisir hal hal ceroboh yang kita lakukan, contohnnya seperti saat kita membawa handphone kita ke kamar mandi untuk sekedar mendengarkan music tetapi tidak sengaja terjatuh ke dalam bak air sehingga handphone kita rusak. Dengan perkembangan teknologi ini, kita sebagai user tidak perlu khawatir lagi jika hal tersebut terjadi suatu saat. Contoh lainnya adalah saat kita sedang diluar ruangan entah di perjalanan atau sedang berolahraga, kerap kali hujan turun dan membuat khawatir kita jika sampai air hujan tersebut  sampai kena gadget kesayangan kita, hal tersebuttidak akan terjadi lagi jika kita sudah memiliki smartphone tahan air ini.
Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari perkembangan teknologi ini, namun kita sebagai user selalu ingin yang lebih, seperti kita ingin ketahanan gadget tersebut dalam air atau kedalaman gadget tersebut jika kita bawa menyelam. Namun disamping hal itu kita lebih banyak mendapat feedback yang positif dibanding hal negatif. Kita tidak akan pernah tahu akan semaju apa teknologi teknologi sekarang, bahkan yang dulunya hanya suatu mimpi, sekarang suda menjadi kenyataan. Pesatnya perkembangan ini harus dibarengi dengan kemampuan user untuk mengimbangi perkembangan tersebut, karena kita tidak inginkan dibilang “Lebih pintar hpnya daripada orangnya” atau disebut gaptek. Kita juga harus menyaring manakah teknologi yang berguna untuk kita mana yang tidak, mana yang bermanfaat dan mana yang tidak. Karena jika kita sebagai user hanya menerima saja akan mengakibatkan kita menjadi orang yang konsumtif, padahal belom tentu teknologi baru yang kita beli bermanfaat untuk kita atau malah sebaliknya.



No comments:

Post a Comment